Strategi Pemasaran
PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN
Sebelum penjelasan lebih lanjut mungkin
sebaiknya kita harus paham dan mengerti terlebih dahulu mengenai apa itu strategi
pemasaran. Perencanaan strategi pemasaran produk memberikan dasar bagi
perusahaan untuk mengambil langkah yang efektif untuk masa yang akan datang.
Strategi Pemasaran menurut W. Y. Stanton
adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan
untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual
maupun potensial
HAL-HAL PERLU DIPERTIMBANGKAN SEBELUM
MENERAPKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK
Menerapkan Strategi pemasaran di awali dengan
menganalisa secara keseluruhan dari situasi perusahaan Pemasar harus melakukan
analisis SWOT (SWOT analysis), di mana ia menilai kekuatan (strengths [S]),
kelemahan (weaknesses [W]), peluang (opportunities [O]), dan ancaman (threats
[T]) perusahaan secara keseluruhan
1.
Kekuatan (Strengths) meliputi kemampuan
internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu
perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya ;
2.
Kelemahan (Weaknesses) meliputi keterbatasan
internal dan faktor situasional negatif yang dapat menghalangi performa
perusahaan ;
3.
Peluang (Opportunities) adalah faktor
atau tren yang menguntungkan pada lingkungan eksternal yang dapat digunakan
perusahaan untuk memperoleh keuntungan ;
4.
Dan ancaman (Threats) adalah faktor pada
lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan yang menghadirkan tantangan bagi
performa perusahaan.
STRATEGI PEMASARAN BERORIENTASI MENCIPTAKAN NILAI TAMBAH BAGI
PELANGGAN DAN MEMBANGUN HUBUNGAN RELATIONSHIP DENGAN PELANGGAN
Menciptakan
nilai tambah dengan memahami kebutuhan pasar meliputi keinginan pelanggan,
melakukan riset pelanggan dan pasar, menata informasi pemasaran dan data
pelanggan, membangun metode pemasaran yang terintegrasi dan memberikan nilai
tambah, membangun hubungan yang saling menguntungkan dalam menciptakan kepuasan
pelanggan
FAKTOR UTAMA YANG MENYEBABKAN TERJADINYA
PERUBAHAN DALAM STRATEGI PEMASARAN
Dalam strategi pemasaran, ada bebarapa faktor
utama yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan yaitu :
1.
Siklus Daur hidup produk, Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu
tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran ;
2.
Tingkat persaingan perusahaan
di pasar, Strategi pemasaran harus bisa disesuaikan
dengan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan, apakah dalam kategori
memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari ceruk
pasar ;
3.
Keadaan ekonomi, Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi,
perusahaan harus memandang ke depan dan mengembangkan strategi jangka panjang
untuk memenuhi kondisi yang sedang berubah dalam industri mereka dan memastikan
kelangsungan perusahaan pada jangka panjang.
LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN STRATEGI
PEMASARAN
Penerapan Strategi Pemasaran melalui
langkah-langkah sebagai berikut:
1. Segmentasi Pasar (Market Segmentation), adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda
dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan
produk atau bauran pemasaran terpisah ;
2. Penetapan Target Pasar (Market Targeting), yaitu
proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau
lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terdiri dari merancang
strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat, atau
sebuah perusahaan besar mungkin memutuskan untuk menawarkan ragam produk yang
lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan
memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan jika hal ini terbukti
berhasil, mereka menambahkan segmen ;
3. Diferensiasi dan Posisi Pasar (Differentiation &
Positioning), perusahaan harus memutuskan bagaimana
mendiferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi
apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk adalah tempat
yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen,
pemasar ingin mengembangkan posisi pasar unik bagi produk mereka. Jika sebuah
produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di pasar, konsumen
tidak mempunyai alasan untuk membelinya.
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN DAN BAURAN
PEMASARAN TERINTEGRASI
Setelah strategi pemasaran ditetapkan maka perusahaan diharapkan
untuk menerapkan dan merencanakan rincian bauran pemasaran (Marketing Mix)
merupakan kumpulan alat pemasaran taktis terkendali – produk, harga, tempat,
dan promosi yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang
diinginkan di pasar sasaran.
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan
perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari
“empat P” yaitu:
1. Produk
(product) , kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan
kepada pasar sasaran meliputi : ragam, kualitas, desain. fitur, nama
merek, dan kemasan ;
2. Harga
(price), adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk
memperoleh produk meliputi: daftar harga, diskon potongan harga, periode
pembayaran, dan persyaratan kredit ;
3. Tempat
(place), kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan
sasaran meliputi: Lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan
logistik ;
4. Promosi
(promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan
membujuk pelanggan membelinya meliputi : Iklan dan promosi penjualan.
Program pemasaran yang efektif
harus dapat memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program
pemasaran terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran
perusahaan dengan menghantarkan nilai bagi konsumen.
Sebelum membangun dan menerapkan 4 P diatas, pemasar sebaiknya
memikirkan terlebih dahulu “empat C” seperti yang diungkapkan oleh Ir. Fl.
Titik Wijayanti, MM, dalam bukunya Marketing Plan! Perlukah Managing Marketing
Plan? yang terdiri dari:
1.
Solusi Pelanggan (Customer
Solution), Produk dapat membantu dan mampu memecahkan masalah konsumen
;
2.
Biaya Pelanggan (Customer
Cost), Harga yang dibayarkan konsumen untuk membeli produk tersebut
sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya ;
3.
Kenyamanan (Convenience),
Produk tersebut mampu menyenangkan konsumen karena mudah diperoleh di mana-mana
;
4.
Komunikasi (Communication),
Produsen melakukan komunikasi produk kepada konsumen secara benar dan tepat
sasaran.
Demikian sekilas tentang Konsep Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran, semoga artikel ini bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar